7 Obat Rumahan Untuk Mengobati Sakit Gigi Terbukti Manjur

7 Obat Rumahan Untuk Mengobati Sakit Gigi Terbukti Manjur - Anda sedang sakit gigi?. Sakit Gigi itu tidak enak rasanya. dari nyeri ringan sampai berdenyut sakit tak tertahankan. Sakitnya bisa di gigi atau di rahang. Penyebab utamanya biasanya karena gigi berlubang, infeksi, gigi retak, penyakit gusi, hingga gangguan sendi pada rahang. Akibatnya aktifitas terganggu dan mengurangi waktu produktif. Dengar keributan sedikit bawaanya marah melulu.


Sakit gigi terjadi ketiga area tengah gigi yang dikenal sebagai pulp terkena iritasi atau meradang. Pulp ini terdiri dari beberapa ujung saraf yang sangat sensitif. Bila anda terkena sakit gigi sebaiknya periksakan ke dokter sebelum masalah memburuk. Atau bisa juga mencoba beberapa pengobatan alami untuk meredakan sakit sementara.

7 Obat Rumahan Untuk Mengobati Sakit Gigi Terbukti Manjur


1. Lada dan Garam

Garam bila dicampur dengan lada bisa sangat bermanfaat saat gigi. Ini karena kedua bahan tersebut memiliki bahan anti-bakteri, anti-inflamasi, dan analgesik. Caranya yakni :

Campur lada dan garam dalam jumlah yang sama lalu berikan sedikit air untuk membuat pasta
Oleskan pasta tersebut ke daerah gigi yang sedang sakit. Biarkan selama beberapa menit
Lakukan setiap hari selama beberapa hari

2. Bawang Putih

Bawang putih juga mempunyai manfaat yang besar saat sakit gigi. Bawang putih sendiri memiliki sifat obat anti-biotik dan lainnya yang sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit.

Caranya: Hancurkan satu siung bawang putih (atau bubuk bawang putih) lalu campurkan dengan beberapa garam meja. Setelah itu terapkan pada gigi yang sakit. Bisa juga langsung mengunyah satu atau dua siung bawang putih. Ulangi selama beberapa hari.

3. Cengkeh

Cengkeh memiliki kandungan anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-oksidan dan sifat anestesi yang dapat mengurangi rasa sakit dan melawan infeksi.

Giling dua cengkeh lalu campurkan sedikit minyak zaitun atau minyak sayur lalu oleskan pada gigi yang sakit. Atau anda bisa mengoleskan bola kapas pada minyak cengkeh lalu gosokan pada gigi yang sakit. Anda juga bisa meneteskan beberapa minyak cengkeh pada segelas air lalu gunakan sebagai obat kumur.

4. Bawang putih

Bawang memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang dapat mengurangi rasa sakit dan membunuh kuman penyebab infeksi.

Caranya kunyah bawang mentah selama beberapa menit atau bila tidak bisa mengunyah tempelkan sepotong bawang mentah langsung di gigi yang sakit.

5. Air Garam Hangat

Segelas air garam hangat bisa membantu mengobati sakit gigi. Campur setengah sendok garam dalam segelas air hangat lalu gunakan sebagai obat kumur. Cara ini dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan serta melawan bakteri penyebab infeksi.

6. Daun Jambu

Daun jambu segar juga bisa membantu meringankan sakit gigi karena mengandung anti-inflamasi, analgesik, dan sifat antimikroba. Cukup kunyah satu atau dua daun jambu dengan gigi yang sakit. Atau didihkan 4-5 daun jambu pada air. Setelah dingin kemudian campur sedikit garam. Gunakan sebagai obat kumur.

7. Es Batu

Es batu dapat meringankan rasa sakit gigi dengan cara membuat mati rasa pada ujung saraf. Caranya bungkus es batu kecil dalam kain katun yang tipis. Tahan di pipi dekat dengan gigi yang sakit.

Selain Mencoba obat rumahan di atas pastikan konsultasikan ke dokter karena beberapa masalah gigi dan gusi memerlukan pengobatan yang lebih daripada obat rumahan. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+